2017-11-06-PHOTO-00003405PAMERAN LAGOS INTERNATIONAL TRADE FAIR

Pameran Lagos International Trade Fair 2017  merupakan pameran dagang tahunan yang bersifat retail yang dilaksanakan tiap tahun untuk produk umum (General Products). Adapun tema dari pameran diadakan sebanyak 28 kali adalah “PROMOTING INDUSTRIALISATION FOR ECONOMIC RECOVERY AND SUSTAINABLE GROWTH”. Pembukaan pameran dilaksanakan pada hari pertama tanggal 3 November 2017 di Main Tend Pameran. Acara secara resmi dibuka oleh Lagos State Minister of Commerce, dan turut hadir pada pembukaan tersebut adalah Duta Besar Jepang untuk Nigeria, Konjen Pakistan untuk Nigeria serta perwakilan dari NAFDAC.

Pameran LITF merupakan pameran terbesar di Lagos, rata-rata jumlah pengunjung pameran adalah sebanyak 50.000 orang per hari. Dalam pameran kali ini menggunakan lahan seluas 40.000 sqm dan terdapat 2 bagian pameran yaitu Outdoor section dan Indoor Section.

Panitia mengenakan harga sebesar Naira 200 atau sebesar dengan Rp 12.000 untuk biaya tiket masuk harian pameran. Lokasi pameran relatif terdapat di pusat kota dan dekat dengan terminal bus sehingga daerah itu merupakan daerah yang sangat sibuk setiap harinya.

PESERTA LAGOS INTERNATIONAL TRADE FAIR

Berdasarkan informasi dari penyelenggara, jumlah total peserta pameran (Exhibitor) pada tahun ini meningkat menjadi sebanyak sekitar 1000 perusahaan yang terdiri dariinstansi pemerintah Nigeria, Perusahaan Asing dan Embassy dan perusahaan lokal Nigeria.

Negara-negara lain yang menjadi Peserta pameran kali ini di antaranya adalah Indonesia, India, China, Jepang, Taiwan dan Mesir. Sedangkan instansi pemerintah yang ada dalam pameran tersebut di antaranya adalah Lagos Ministry of Commerce, Lagos Ministry of Agriculture, Nigeria Shipping Agency, Nigeria Export Promotion Council, Lagos State Government. Beberapa produk Indonesia yang sudah ada di Nigeria juga ada dalam pameran tersebut.

PENGAMATAN ITPC LAGOS

Berdasarkan hasil pengamatan kami selama penyelenggaraan pameran bahwa pameran ini lebih baik dari tahun lalu dari segi ketepatan waktu, jumlah pengunjung dan penyelenggaraannya. Jumlah pengunjung rata-rata tiap hari sekitar 50.000 pengunjung yang berasal dari semua kalangan di West Africa. Adanya instansi-instansi pemerintah Nigeria pada pameran tersebut sangat membantu kami untuk mendapatkan informasi-informasi penting yang kami perlukan untuk proses perdagangan internasional antara Indonesia dan Nigeria. Seluruh peserta pameran dari Indonesia merasa senang mengikuti pameran ini karena banyaknya pengunjung prospektif yang datang pada pameran tersebut.